Selasa, 08 Juni 2010

Ujian Semester Dasar - Dasar Komunikasi

UJIAN SEMESTER
 DASAR – DASAR KOMUNIKASI





Oleh :
Despa Eka Susanti
05081004029



PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
JURUSAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA

INDERALAYA
2010


1. Apakah menurut Anda Mata Kuliah Dasar – Dasar Komunikasi ini penting bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya ? Jelaskan !
Jawab :
Menurut saya, Mata Kuliah Dasar – Dasar Komunikasi sangat penting bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya karena mahasiswa Fakultas Pertanian lebih cenderung melakukan interaksi kepada masyarakat melalui komunikasi langsung dengan masyarakat tersebut, terutama berkomunikasi kepada petani. Pada mata kuliah Dasar – Dasar Komunikasi terdapat materi mengenai definisi serta manfaat dari komunikasi. Definisi dari komunikasi itu sendiri adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.
Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi antar personal maupun antar masyarakat agar terjadi keserasian dan mencegah konflik dalam lingkungan masyarakat.
Dengan adanya mata kuliah Dasar – Dasar Komunikasi, mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya dapat mengerti serta mengetahui tentang makna dari komunikasi itu sendiri. Dan Mata Kuliah Dasar – Dasar Komunikasi merupakan pegangan mahasiswa dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat. Dengan adanya mata kuliah Dasar – Dasar Komunikasi, mahasiswa dapat mengetahui apa saja yang dapat dilakukan dalam berkomunikasi dengan masyarakat.
Sehingga pada saat praktik dilapangan, mahasiswa dapat menerapkan komunikasi dengan baik terutama pada kalangan petani. Dan mahasiswa dapat menggunakan kata – kata yang dapat dimengerti serta penyampaian ide atau informasi yang dapat diterima oleh masyarakat sehingga konflik dalam lingkungan masyarakat dapat dihindari.

2. Dari beberapa definisi komunikasi, sebutkan 2 buah definisi yang paling cocok menurut Anda. Jelaskan alasannya !
Jawab :
 2 buah definisi komunikasi yang paling cocok adalah :
1. Definisi menurut Harold Lasswell
Komunikasi adalah gambaran mengenai siapa, mengatakan apa, melalui media apa, kepada siapa, dan apa efeknya.
Alasannya karena dalam berkomunikasi, haruslah memenuhi 5 unsur komunikasi yang dijelaskan oleh Harold Lasswell dalam definisinya.
Penjelasan kelima unsur tersebut adalah :
a. Siapa ?
Sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi,bisa seorang individu,kelompok,organisasi,maupun suatu negara sebagai komunikator.
b Mengatakan apa?
Apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima (komunikan) dari sumber(komunikator)atau isi informasi. Merupakan seperangkat simbol verbal/non verbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan/ maksud sumber tadi. Ada 3 komponen pesan yaitu makna, simbol untuk menyampaikan makna, dan bentuk / organisasi pesan.
c. Melalui media apa?
Wahana/alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator(sumber) kepada komunikan(penerima) baik secara langsung(tatap muka),maupun tidak langsung(melalui media cetak/elektronik dll).
d. Kepada siapa ?
Orang/kelompok/organisasi/suatu negara yang menerima pesan dari sumber.Disebut tujuan(destination)/pendengar(listener)/khalayak(audience)/
komunikan/penafsir/penyandi balik(decoder).


 e. Apa efeknya ?
 Dampak/efek yang terjadi pada komunikan(penerima) setelah menerima pesan dari sumber,seperti perubahan sikap,bertambahnya pengetahuan, dll.
Apabila kelima unsur komunikasi diatas tidak terpenuhi atau tidak lengkap, maka komunikasi tidak akan berlangsung efektif karena kelima unsur tersebut merupakan satu kesatuan unsur dalam penyampaian informasi yang tidak dapat dipisahkan.
2. Definisi menurut Berelson dan Stainer, 1964
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)
Alasannya adalah karena definisi Berelson dan Stainer memiliki makna yang sama dengan definisi komunikasi yang dinyatakan oleh Harold Lasswell yaitu definisi ini mengandung 5 unsur komunikasi yaitu siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa, dengan akibat apa atau hasil apa. Kelima unsur tersebut menunjukkan secara jelas bahwa dalam berkomunikasi yang sangat dibutuhkan adalah kelima unsur tersebut agar komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif.


3. Sebutkan dan jelaskan 4 buah tujuan komunikasi !
Jawab :
 Ada empat tujuan atau motif komunikasi yang perlu dikemukakan disini. Motif atau tujuan ini tidak perlu dikemukakan secara sadar, juga tidak perlu mereka yang terlibat menyepakati tujuan komunikasi mereka. Tujuan dapat disadari ataupun tidak, dapat dikenali ataupun tidak. Selanjutnya, meskipun. teknologi komunikasi berubah dengan cepat dan drastis (kita mengirimkan surat elektronika, bekerja dengan komputer, misalnya) tujuan komunikasi pada dasarnya tetap sama, bagaimanapun hebatnya revolusi elektronika dan revolusi-revolusi lain yang akan datang. 

a. Menemukan
Salah satu tujuan utama komunikasi menyangkut penemuan diri (personal discovery) Bila anda berkomunikasi dengan orang lain, anda belajar mengenai diri sendiri selain juga tentang orang lain. Kenyataannya, persepsi-diri anda sebagian besar dihasilkan dari apa yang telah anda pelajari tentang diri sendiri dari orang lain selama komunikasi, khususnya dalam perjumpaan-perjumpaan antarpribadi.
Dengan berbicara tentang diri kita sendiri dengan orang lain kita memperoleh umpan balik yang berharga mengenai perasaan, pemikiran, dan perilaku kita. Dari perjumpaan seperti ini kita menyadari, misalnya bahwa perasaan kita ternyata tidak jauh berbeda dengan perasaan orang lain. Pengukuhan positif ini membantu kita merasa "normal."
Cara lain di mana kita melakukan penemuan diri adalah melalui proses perbandingan sosial, melalui perbandingan kemampuan, prestasi, sikap, pendapat, nilai, dan kegagalan kita dengan orang lain. Artinya, kita mengevaluasi diri sendiri sebagian besar dengan cara membanding diri kita dengan orang lain.
Dengan berkomunikasi kita dapat memahami secara lebih baik diri kita sendiri dan diri orang lain yang kita ajak bicara. Tetapi, komunikasi juga memungkinkan kita untuk menemukan dunia luar—dunia yang dipenuhi objek, peristiwa, dan manusia lain. Sekarang ini, kita mengandalkan beragam media komunikasi untuk mendapatkan informasi tentang hiburan, olahraga, perang, pembangunan ekonomi, masalah kesehatan dan gizi, serta produk-produk baru yang dapat dibeli. Banyak yang kita peroleh dari media ini berinteraksi dengan yang kita peroleh dari interaksi antarpribadi kita. Kita mendapatkan banyak informasi dari media, mendiskusikannya dengan orang lain, dan akhirnya mempelajari atau menyerap bahan-bahan tadi sebagai hasil interaksi kedua sumber ini.
b. Untuk berhubungan
Salah satu motivasi kita yang paling kuat adalah berhubungan dengan orang lain (membina dan memelihara hubungan dengan orang lain). Kita ingin merasa dicintai dan disukai, dan kemudian kita juga ingin mencintai dan menyukai orang lain. Kita menghabiskan banyak waktu dan energi komunikasi kita untuk membina dan memelihara hubungan sosial. Anda berkomunikasi dengan teman dekat di sekolah, di kantor, dan barangkali melalui telepon. Anda berbincang-bincang dengan orangtua, anak-anak, dan saudara anda. Anda berinteraksi dengan mitra kerja.
c. Untuk meyakinkan
Media masa ada sebagian besar untuk meyakinkan kita agar mengubah sikap dan perilaku kita. Media dapat hidup karena adanya dana dari iklan, yang diarahkan untuk mendorong kita membeli berbagai produk. Sekarang ini mungkin anda lebih banyak bertindak sebagai konsumen ketimbang sebagai penyampai pesan melalui media, tetapi tidak lama lagi barangkali anda-lah yang akan merancang pesan-pesan itu—bekerja di suatu surat kabar, menjadi editor sebuah majalah, atau bekerja pada biro iklan, pemancar televisi, atau berbagai bidang lain yang berkaitan dengan komunikasi. Tetapi, kita juga menghabiskan banyak waktu untuk melakukan persuasi antarpribadi, baik sebagai sumber maupun sebagai penerima. Dalam perjumpaan antarpribadi sehari-hari kita berusaha mengubah sikap dan perilaku orang lain. Kita berusaha mengajak mereka melakukan sesuatu, mencoba cara diit yan baru, membeli produk tertentu, menonton film, membaca buku, rnengambil mata kuliah tertentu, meyakini bahwa sesuatu itu salah atau benar, menyetujui atau mengecam gagasan tertentu, dan sebagainya. Daftar ini bisa sangat panjang. Memang, sedikit saja dari komunikasi antarpribadi kita yang tidak berupaya mengubah sikap atau perilaku.
d. Untuk bermain atau menghibur diri
Kita menggunakan banyak perilaku komunikasi kita untuk bermain dan menghibur diri. Kita mendengarkan pelawak, pembicaraan, musik, dan film sebagian besar untuk hiburan. Demikian pula banyak dari perilaku komunikasi kita dirancang untuk menghibur orang lain (menceritakan lelucon mengutarakan sesuatu yang baru, dan mengaitkan cerita-cerita yang menarik). Adakalanya hiburan ini merupakan tujuan akhir, tetapi adakalanya ini merupakan cara untuk mengikat perhatian orang Iain sehingga kita dapat mencapai tujuan-tujuan lain.
Tentu saja, tujuan komunikasi bukan hanya ini; masih banyak tujuan komunikasi yang lain. Tetapi keempat tujuan yang disebutkan di atas tampaknya merupakan tujuan-tujuan yang utama. Selanjutnya tidak ada tindak komunikasi yang didorong hanya oleh satu faktor; sebab tunggal tampaknya tidak ada dunia ini. Oleh karenanya, setiap komunikasi barangkali didorong oleh kombinasi beberapa tujuan bukan hanya satu tujuan.


4. Sebutkan dan jelaskan 4 buah faktor komunikasi yang Saudara ketahui !

Jawab :
 1. Faktor teknis
Faktor yang bersifat teknis yaitu kurangnya penguasaan teknis komunikasi. Teknik komunikasi mencakup .unsur-unsur yang ada dalam komunikator dikala mengungkapkan pesan menjadi lambang-lambang.kejelian dalam memilih saluran, metode penyampaian pesan.
2. Faktor perilaku
Bentuk dari perilaku yang dimaksud adalah perilaku komunikan yang bersifat : pandangan yang bersifat apriori, prasangka yang didasarkan atas emosi, suasana yang otoriter, ketidak mampuan untuk berubah vvalaupun salah, sifat yang egosentris.
3. Faktor situasional
Kondisi dan situasi yang menghambat komunikasi misalnya situasi ekonomi, sosial, politik dan keamanan.
4. Gangguan bahasa
a. Komponen semantik 
Gangguan semantik ialah gangguan komunikasi yang disebabkan karena kesalahan pada bahasa yang digunakan. Gangguan semantik sering terjadi karena :
• Kata-kata yang digunakan terlalu banyak memakai jargon bahasa asing sehingga sulit dimengerti oleh khalayak tertentu.
• Bahasa yang digunakan pembicara berbeda dengan bahasa yang digunakan oleh penerima.
• Komponen semantik meliputi, pengetahuan objek. hubungan objek, dan hubungan peristiwa
b. Komponen Struktur
Struktur bahasa yang digunakan tidak sebagaimana mestinya sehingga membingungkan penerima. ii Komponen Struktur meliputi, fonologi, morfologi, dan sintaksis.
c. Komponen Penggunaan / Pragmatik
Komponen pragmatik meliputi fungsi dan konteks. Penguasaan akan komponen ini menjadikan mampu mengawali komunikasi, memelihara komunikasi dan mengakhiri komunikasi


5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan KOMUNIKASI EFEKTIF ? Syarat apa saja yang harus dipenuhi agar terjadi komunikasi secara efektif ?
Jawab :
 Komunikasi efektif adalah komunikasi yang mengandung lima komponen atau unsur penting dalam komunikasi yang harus diperhatikan yaitu: sender, massage, delivery channel atau media, receiver dan efect/umpan balik (feedback) dan melalui proses komunikasi tersebut, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.
Syarat komunikasi efektif
Syarat utama dalam komunikasi efektif adalah karakter yang kokoh yang dibangun dari fondasi integritas pribadi yang kuat, disertai dengan kepercayaan pada orang lain. Covey mengusulkan ada enam hal utama yang dapat menambah kekuatan emosi dalam menjalin hubungan dengan sesama yaitu :
1. Berusaha benar-benar mengerti orang lain
Ini adalah dasar dari apa yang disebut emphatetic communication- (komunikasi empatik). Ketika berkomunikasi dengan orang lain, kita mungkin mengabaikan orang itu dengan tidak serius membangun hubungan yang baik. Kita mungkin berpura-pura. Kita mungkin secara selektif berkomunikasi pada saat kita memerlukannya, atau kita membangun komunikasi yang atentif (penuh perhatian) tetapi tidak benar-benar berasal dari dalam diri kita.
Bentuk komunikasi tertinggi adalah komunikasi empatik, yaitu melakukan komunikasi untuk terlebih dahulu mengerti orang lain – memahami karakter dan maksud/tujuan atau peran orang lain.
Kebaikan dan sopan santun yang kecil-kecil begitu penting dalam suatu hubungan – hal-hal yang kecil adalah hal-hal yang besar.
2. Memenuhi komitmen atau janji
Adalah deposito besar jika mampu memenuhi komitmen dan janji, sebaliknya melanggar janji adalah sebuah penarikan yang sangat besar.
3. Menjelaskan harapan
Penyebab dari hampir semua kesulitan dalam hubungan berakar di dalam harapan yang bertentangan atau berbeda sekitar peran dan tujuan. Harapan harus dinyatakan secara eksplisit.
4. Meminta maaf
Meminta maaf dengan tulus ketika melakukan penarikan komitmen adalah merupakan salah satu syarat agar tercipta komunikasi yang efektif.
5. Integritas
Integritas merupakan fondasi utama dalam membangun komunikasi yang efektif. Karena tidak ada persahabatan atau teamwork tanpa ada kepercayaan (trust), dan tidak akan ada kepercayaan tanpa ada integritas. Integritas mencakup hal-hal yang lebih dari sekadar kejujuran (honesty). Kejujuran mengatakan kebenaran atau menyesuaikan kata-kata kita dengan realitas. Integritas adalah menyesuaikan realitas dengan kata-kata kita. Integritas bersifat aktif, sedangkan kejujuran bersifat pasif.

6. Siapa yang menguasai informasi, maka ia akan menguasai masa depan. Apakah Anda setuju dengan pernyataan ini? Berikan alasannya !
Jawab :
 Saya setuju dengan pernyataan diatas, hal ini karena di era globalisasi sekarang ini, banyak sekali informasi – informasi baru terutama mengenai kemajuan dunia pada saat ini. Perkembangan teknologi yang terus berkembang secara pesat membuat begitu banyak hal yang bisa kita ketahui dalam waktu singkat dari seluruh belahan dunia. Sehingga begitu banyak dan cepatnya informasi tersebar keseluruh dunia. Informasi tersebut tidak hanya tentang kejadian maupun peristiwa yang telah dan sedang berlangsung, tetapi banyak juga informasi-informasi yang bermanfaat dalam tatanan kehidupan di masa yang akan datang. Ini membuat semua orang harus menguasai informasi-informasi tersebut agar dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia dan juga kemajuan yang dimilikinya. Selain itu, kita harus dapat berlomba-lomba untuk mengejar informasi sebanyak mungkin dan menguasai teknologi informasi sebagai salah satu upaya dalam merancang masa depan. Sehingga dapat dikatakan bahwa seorang yang mamiliki pemahaman yang tinggi terhadap informasi maka ia akan dengan mudah menciptakan dan merancang suatu terobosan baru dalam perkembangan dunia di masa depan. Itulah mengapa dikatakan ”Siapa yang menguasai informasi, maka ia akan menguasai masa depan.”
  

7. Sebutkan beberapa keuntungan IT dan kerugiannya. Mana yang lebih banyak untungnya atau ruginya khususnya bagi mahasiswa !
Jawab :
 Bagi mahasiswa, keuntungan yang didapatkan dari kemajuan IT adalah lebih banyak daripada kerugiannya hal ini dapat dilihat dari penjelasan dibawah ini.
 Keuntungan IT adalah :
1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan IT juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem IT.
Kerugian IT adalah :
1. Kemajuan IT juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
Berdasarkan penjelasan diatas, sangat jelas bahwa IT sangat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran di era globalisasi ini. Dengan kemajuan IT maka akan berdampak pula pada kemajuan ilmu pengetahuan mahasiswa.


Tidak ada komentar: